5 Elemen Kunci Internal Control
Berikut
ini adalah 5 (Lima) Elemen Kunci dalam penetapan obyektif dari Internal
Control:
- Pengendalian Lingkungan (Control environment)
Manajemen
harus memiliki komitmen dalam praktek bisnis secara etis serta mengikuti seluruh
prosedur kendali yang sudah ditetapkan.
- Penilaian Kontrol Resiko (Risk assessment)
Setiap
bagian dalam organisasi wajib mengidentifikasi dan menekan resiko internal yang
mungkin terjadi.
- Prosedur Pengendalian (Control procedures)
Dalam
mencapai prosedur pengendalian yang baik maka setiap pegawai sebaiknya sudah
terlatih dengan prosedur tersebut dan selalu diawasi dalam pelaksanaannya.
Selain
itu sebaiknya dilakukan rotasi penugasan sehingga masing-masing pegawai dapat
mencapai kesepahaman mengenai sistem prosedur pengendalian di dalam organisasi.
Untuk
mencapai kendali yang baik maka definisikan secara jelas tanggung jawab
pekerjaan dan sistem penilaian kinerja masing-masing tugas yang dilaksanakan
oleh para pegawai.
Pemisahan
tanggung jawab sebaiknya dilakukan untuk setiap operasi yang terkait terutama
yang terkait dengan aset dan penilaian.
Selalu
gunakan bukti keamanan yang terukur seperti menggunakan alat-alat berikut:
Menggunakan
cash register untuk mencatat penjualan
Selalu secepatnya menyimpan uang tunai ke rekening bank
Menggunakan petugas keamanan dari luar atau memasang kamera pengawas keamanan
Selalu secepatnya menyimpan uang tunai ke rekening bank
Menggunakan petugas keamanan dari luar atau memasang kamera pengawas keamanan
- Pengawasan (Monitoring)
Gunakan
beberapa sistem prosedur yang dapat memberikan peringatan dini atas kejadian
ketidakjujuran atau penipuan.
- Informasi dan Komunikasi (Information and communication)
Kumpulkan
dan komunikasikan informasi terkait untuk menilai kelayakan serta mengawasi
pelaksanaan kontrol internal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar